Selasa, 10 September 2013

Tentang kelompok tani gaharu Blitar (KT-GB)

Latar Belakang

           Blitar adalah salah satu kota yang terletak di wilayah propinsi Jawa Timur bagian selatan, yang mana letak geografisnya berada di lereng gunung kelut dan lereng gunung kawi, yang dikelilingi oleh banyak perkebunan - perkebunan baik BUMN maupun swasta yang terdiri dari aneka tanaman perkebunan antara lain : kopi, coklat, karet, teh,cengkeh.Masyarakat desa  yang hidup di sekitar perkebunan banyak juga yang menanam tanaman – tanaman perkebunan tersebut,pada saat ini banyak petani yang menanam tanaman kayu misalnya tanaman sengon dan jati, samama dan lainya. Yang sudah dirasakan hasilnya oleh petani adalah tanaman sengon, akan tetapi pada akhir – akhir ini para petani sengon banyak yang mengeluh karena tanaman sengon baik yang masih muda maupun yang agak tua mengalami kerusakan bahkan kematian yang disebabkan  adanya serangan hama dan penyakit pada tanaman sengon.   Hama/penyakit yang menyerang tanaman sengon  diantaranya cabuk putih, karat pada batang dan ranting sehingga tanaman banyak mengalami mati ranting dan mati, sehingga petani gagal panen  karena banyak tanaman yang rusak dan mati, untuk itu petani berusaha mencari tanaman pengganti tanaman sengon.
           Pada akhir tahun 2011 tepatnya pada bulan nopember,KAMI diperkenalkan oleh salah satu teman yang bekerja di  Dinas Pertanian dan Perkebunan wilayah kabupaten Jombang,dengan tanaman GAHARU. Setelah saya pelajari dan dalami mengenai budi daya nya tanaman gaharu tersebut yang menyangkut syarat tumbuh dari tanaman gaharu itu sendiri, diantaranya meliputi : topografi, kondisi tanah, iklim, ketinggian tempat dari permukaan laut, maka saya berpendapat bahwa tanaman gaharu  sangat memungkinkan dan cocok untuk di budi dayakan di daerah blitar khusunya di lereng gunung kelut dan lereng gunung kawi. Disamping itu tanaman Gaharu mempunyai nilai ekonomis sangat tinggi dibanding tananam kayu lainya.

Dasar Pemikiran

          Berdasarkan latar belakang dan pengalaman yang kami miliki dan teman mantan karyawan salah satu perkebunan swata di blitar, maka kami bersama teman – teman untuk mensosialisakan tanaman Gaharu ini, baik menyangkut budidaya , pengolahan dan pemasaran secara mandiri, baik melalui orang per orang maupun kelompok tani, ternyata mendapatkan respon yang sangat baik dan antusias sekali petani untuk segera melaksanakan penanaman tanaman gaharu tersebut. Apalagi saya  mendapatkan masukan dari teman – teman yang sudah berpengalaman budidaya gaharu, bahwa tanaman Gaharu ternyata merupakan salah satu tanaman yang mempunyai prospek masa depan yang sangat cerah, di banding dengan tanaman produksi lainya dengan masa panen yang hampir sama dengan tanaman sengon yaitu 6 – 7 tahun bisa di panen dengan nilai jual yang sangat tinggi.
                   
Visi

Dengan terbentuknya kelompok Tani Gaharu blitar, maka kami ingin menunjukan bahwa di blitar sudah ada kelompok tani yang menanam tanaman gaharu yang mempunyai nilai ekonomi yang sangat tinggi dan terorganisir.Yang Menjadikan Setiap Anggota Tani KT-GB memiliki tingkat/taraf kehidupan yang layak dan sejahtera dalam kurun waktu yang tidak terlalu lam yaitu berkisar 6 – 7 tahun, dengan melakukan budidaya dan pengembangan pohon gaharu di setiap lahan yang ada pada semua anggota tani KT-GB. Umunya pada masyarakat tani yang berada di wilayah blitar.

Misi

  1. Ikut Serta Menjaga/Mencegah kepunahan Pohon Gaharu di mukabumi ini dengan   melakukan penanaman pohon gaharu di setiap lahan yang masih tersisa pada anggota tani KT-GB, disamping membantu program pemerintah untuk reboisasi kembali sehingga meningkatkan Kadar 02 (Oksigen) khususnya di Indonesia dan pemanasan global.
  2. Membantu segenap anggota KT-GB untuk memiliki kemampuan menanam dan memelihara pohon gaharu sehingga memiliki nilai ekonomi yang tinggi.
  3. Terciptanya taraf hidup yang semakin baik dari semua anggota KT-GB, dengan adanya kebersamaan antar anggota dalam pengelolaan lahan budidaya pohon gaharu .


TUJUAN :


KELOMPOK TANI “GAHARU BLITAR”  (KT-GB)  didirikan untuk tujuan membangun masyarakat tani di wilyah blitar khususnya , agar terciptanya peningkatan taraf kehidupan yang lebih baik dan sejahtera dengan membudidayakan tanaman GAHARU, dengan berazaskan kejujuran, keyakinan, kepedulian, melestarikan tanaman gaharu dari kepunahan dan membina kerukunan warga tani , antar sesama anggota tani KT-GB

SUSUNAN PENGURUS KT-GB :

                                                   
Ketua                                           :   Ir. EDY WALUYO
Wakil Ketua                                 :   SUJIONO
Bendahara                                    :   SUTARYO
Sekretaris I                                   :   SULIANTO
Sekretaris II                                  :   SUJITO
Pengolahan dan pemasaran hasil    :   Ir. PURNOMO
Pengadaan Bibit                            :    BUDI SASONO Spd.




Kantor Kelompok Tani Gaharu Blitar :
Alamat : Linkungan Bence II , Rt 01 ,Rw 03.No 9. Kelurahan Bence,
Garum – Blitar

5 komentar:

  1. Balasan
    1. Tidak ada syarat, cuma nanem gaharu aja yang bibit dari kita.

      Hapus
  2. Apakah menyediakan bibit gahru pk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, untuk tahun ini sudah soldout 2000, yg redy tinggal 100an

      Hapus
  3. Untuk info lebih lanjut silahkan kontak wa atau call ada di menu samping kanan.

    BalasHapus